Sabtu, 08 Agustus 2015

Black Dragon Nest Guide



#Stage 1 : Ogre Baopar

 MEKANIK STAGE

 1. Ketika Baopar berganti Bar HP pertama kali (x4~x3) , Ogre akan membuat "faint" (oleng) seluruh party member party (menghilangkan semua buff member party dan buff super armor tidak memiliki efek alias tetap terkena faint/oleng), dua detik setelahnya barikade akan keluar dan mengurung map menjadi 3 bagian. Barikade memiliki HP dan bisa di debuff seperti Ice Stacking / Luring / Applause / dll. Mekanik ini juga memilik efek auto destroy Summon. maksudnya summon seperti kucing assasin / alfredo dan bebek" lainnya akan hilang jika Ogre melakukan faint.


2. Ada 5 Altar yang tersedia di map, namun hanya ada 1 random altar yang aman untuk dipakai berlindung, yaitu altar dengan cahaya putih nan hijau. Hancurkan barikade yang menuju altar aman (altar dengan cahaya putih nan hijau)3. Akan muncul notice hitung mundur 10detik dimulai sejak barikade keluar, Ketika detik sudah habis, Ogre akan mengeluarkan aura kuning untuk menandakan jalur larinya. Setelah itu Ogre akan lari menabrak semua party di waktu 2 detik.  Sehingga ketika hitungan mundur habis, anda masih punya waktu 2 detik untuk berlindung.4. Segera tinggalkan altar ketika Ogre dan aura kuningnya sudah melewati altar, karena 1 detik setelahnya petir akan menyambar altar. Damage sekitar 200k-350k plus Electocuted (debuff listrik) selama 20detik.5. Mekanik akan berulang setiap 60 detik sekali setelah mekanik pertama berlangsung.

Untuk gambar map Stage 1 bisa diliat dikolom komentar


SKILL OGRE BAOPAR

1. Charging : lari ke depan menabrak semua target di depannya. Damage sekitar 80k-100k perhit deff 39% fatal ababila anda terkena skill ini ketika terkena debuff Bone Crash.

2. Strike's Jump :  Ogre melompat ke target sekaligus menghantam targetnya. Damage sekitar 450k-500k deff 39%. AoE lompatan 2 meter sekeliling Ogre ketika mendarat akan terkena debuff Bone Crash.

3. Strike Combo : menyerang mambabi-buta ke satu arah. Damage ini mencapai 200k perhit. Last hit AoE 2 meter sekitar Baopar terkena Slow debuff.

4. Throw Hammer : melempar palu besar ke random target dan membuat efek "menyedot" player sekitar tempat jatuhnya player. Damage perdetik di AoF ledakan sekitar 200k dan detik ke 5 ledakan terbesar terjadi sekitar 400k - 500k. AoE ketika dilempar berwarna kuning menyala, player yang terkena AoE akan terkena debuff slow -60% 10detik, bisa di cure.

5. Strike Wave : melempar palu lurus ke depan. Damage sekitar 400k, dan memberi debuff Bone Crash 20 detik. Bone Crash Baopar +150K damage per hit, bisa di cure.

6. Masuk bar x2 Baopar memiliki skill baru yaitu Praetor Ex. Hit ketiga dari Praetornya memiliki efek stomp 1 map dengan damage 900K ­ 1 juta plus debuff slow 10 detik ( bisa di cure ). Berulang setiap 55 detik sekali.

7. Masuk last bar, Baopar memiliki skill baru lagi yaitu Ogre's Breath. Breath milik Baopar memiliki damage 200K per hit dan last hit sekitar 400K. Total sekitar 5 ­ 6 hit apabila terkena full. Memiliki efek clear buff dan silence 6 detik.


STRATEGI PARTY

1. Membawa class yang bisa mereduce damage akan berpengaruh terhadap jalannya pertempuran.

2. Instruksikan member party untuk hit dari samping ataupun belakang Ogre.

3. Mendekati ganti bar pertama, perintahkan seluruh member party berkumpul di tengah. Biarkan Ogre yang mendekati party. Tunggu barikade dengan stand by di tengah.

4. Mendekati 50 detik sejak Barikade selesai, perintahkan lagi member party untuk ke tengah dan stand by.

5. Spam cure relic dan Meditasi.

6. Apabila ada member yang terperangkap di Barikade luar, tekan F6 dan member yang lain harap membantu.

7. Aggro Ogre Baopar berubah dengan sangat cepat, ­skill Provoke kurang efektif. Kecuali anda memiliki skill provoke Aggro yang banyak seperti Destro atau Gearmaster

    "mekanisme mapnya bisa dilihat dibawag ini"




#Stage 2 : Dragon Follower Barrier Device & Ungata General Umbala
MENGENAI STAGE 2
1. Terdapat 2 ruangan dan tiap jalan keluar ruangan ditutup oleh Dragon Follower Barrier.2. Tugas pokok party adalah melindungi Berlin dan menghancurkan Barrier.3. Mekanik patung yang menembakkan laser, apabila gagal akan mengurangi HP seluruh member party sebesar 70%.

4.Seluruh monster yang berada di stage ini bisa di-disable.
HP Berlin tidak bisa di heal oleh skill, hanya bisa di heal oleh transfer HP ketika HP Berlin sudah mencapai koma.

Note :
Mengenai Damage dan skill momon mungkin para adventure sudah sering melihat skill yang momon yang ada di stage 2 ini...kalau soal damage tidak terlalu fatal..tapi tetap berhati" agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan


MEKANIK STAGE

1. Map berbentuk lingkaran dan dikelilingi Lava. Lava memiliki damage initial 700K per detik dan burn 97K per ticks.

2. Ketika masuk x2, Map akan mengecil ditandai dengan Lava yang semakin maju.

3. Ketika masuk last bar, Map akan mengecil ( lagi ) ditandai dengan Lava yang semakin maju ( lagi ).

4. Setiap berganti bar HP, Mino akan teleport ke tengah dan akan ada hitung mundur 5 detik. Akan muncul pula 8 gelembung di posisi 12 / 1­2 / 3 / 4­5 / 6 / 7 ­8 / 9 / 10­11 . Gelembung akan hancur apabila terkena serangan apapun baik skill ataupun normal hit. Satu gelembung hanya akan memberikan perlindungan anti ledakan kepada satu orang terdekat selama 5 detik. Setelah hitung mundur selesai, akan ada ledakan 1 map yang memberi efek 1 hit KO ( tembus buff apapun ). Skill basic Assassin, feint, dapat membuat Assassin tetap hidup meski seharusnya mati terkena mekanik.


BASIC SKILL

1. Charging. Mino akan mengangkat kapak dan menghujamkan ke tanah. Tak lama kemudian akan lari lurus ke depan dengan kapak menggeser permukaan lantai. Damage ketika pertama mengujam lantai sekitar 250k. Lalu ketika berlari ke depan, member yang berada di depannya akan terseret sampai charging selesai. Damage sekitar 80k per hit. Yang berbahaya dari skill ini, ketika anda berada di ujung map dan terseret hingga Lava.

2. Triple Strikes. Mino akan menghujamkan kapak ke depan, lalu ke belakang, disusul 360 derajat swing. Damage sekitar 250K per hit plus confuse 10 detik.

3. Swing. Menebaskan kapak, damage sekitar 300K. Memberi efek clear all buff.

4. Call Mino's Stampede. Mino memegang kedua kapak sejajar di depan dada dan melakukan Roar. Akan ada trail api lurus di map, tidak lama kemudian akan ada 4 Mino kroco yang berlari di garis tersebut. Efek knockback sekitar 7­8 meter plus burn 97K per ticks.

5. Stomp. Mino secara tiba tiba akan melakukan Roar dan menembakkan Fire Crescent Cleave ke segala arah disertai stomp. Damage stomp sekitar 800K ­ 900K ( def 43% fisik ). Fire Crescent Cleave memberi efek knockback, initial damage 250K, burn 97K per ticks. Terkena Stomp memberi efek tambahan yaitu knockdown + slow 10 detik + burn 97K per ticks. Tidak ada patokan pasti delay Stomp ke Stomp berikutnya. Namun berada di kisaran 15 ­ 40 detik setelah stomp terjadi.

6. Rain of Axes. Mino akan melemparkan kapak yang terbakar ke seluruh member party di map. Ditandai dengan lingkaran kuning di lantai. Mirip skill Naga Jakard DDN, meteor rain. Damage sekitar 180K per hit, efek knockdown, dan burn 97K per ticks.

7. Confuse Run. Ketika memasuki bar x3, Mino memiliki skill baru yaitu Confuse Run. Mino akan melakukan Roar disertai aura merah ( mirip super saiyan mode di manga Dragon Ball Bwuahahaha ). Mino akan teleport ke tengah map, setelah itu melakukan Roar. Ketika Roar, seluruh member party akan terkena status confuse dan auto run menuju pinggir map. Tekan A­D secara berulang untuk lepas. Disini ada beberapa saran dari saya, sebelum Roar terjadi pastikan anda berkumpul di tengah untuk memperlebar jarak dengan pinggir map. Area belakang mino memberi ruang lebih banyak untuk lari, sehingga memberi waktu ekstra. Ketika Roar terjadi, maka seluruh buff yang dimiliki player akan hilang alias clear buff. Tidak ada patokan baku delay skill ini akan berulang kapan. Namun akan terjadi rentang waktu 30 ­ 120 detik setelah skill ini terjadi. Petaka terjadi apabila ada Academic lugu cast Wax sebelum confuse, dan efek wax memberi boost lari menuju pinggir map lebih cepat.

8. Berserk. Masuk x2.7 hingga mati, Mino akan melakukan Berserk. Akan ada pengumuman di layar anda kalau Mino akan berserk. Tanda berserk akan terlihat di kening Mino, bertahan 60 detik. Berserk akan direcast sekitar 45 ­ 80 detik setelah Berserk di cast. Berserk akan menaikkan semua damage Mino menjadi sekitar 400% alias sekali colek mokad. Skill remove buff seperti Devitalizing Howl dan Mecha Siren sangat berguna di situasi ini.

9. Charged Swing. Masuk x2.7 Mino memiliki skill baru lagi. Mino akan dalam posisi hendak menebas dan cast selama 3 detik. Damage sekitar 700k dengan efek knockdown. Efek serangan ini meliputi 180 derajat, dimulai dari tangan kiri sampai tangan kanan mino. Range serangan sampai ujung map. Titik aman berada di samping belakang mino. Petaka terjadi apabila mino tersudut di ujung map dan cast skill ini. Kiamat terjadi apabila skenario di atas terjadi dan Mino dalam kondisi berserk.

10. Perlu diketahui, serangan Mino berkemungkinan terjadi serangan critical alias up 200%. Persiapkan diri anda ketika HP sudah 1 juta dan terkena Stomp Mino langsung 1 hit KO. Nyahahahaha~


STRATEGI PARTY

1. Tentukan spot tiap player di bubble ketika selesai hancurkan last barrier di stage

2. Tempatkan orang yang disiplin posisinya kurang di posisi 12 / 3 / 6 / 9. 2. Untuk party menengah ­ atas membawa class yang bisa buff remove seperti Destro / GM / Barba / SS untuk remove berserk. Destro adalah rekomendasi utama, karena buildnya jelas VIT / Heal sendiri / Reduce damage terbanyak. Saya tidak menyarankan membawa Engineer ( meskipun saya Engineer User ) di BDN. Stage­stage BDN membutuhkan keterampilan tingkat tinggi atau istilah kerennya di komunitas yaitu skill dewa dari Engineer dalam teknik lure Aggro ataupun timing Siren dan tower. Kalau anda kenal player seperti itu, tidakmasalah untuk menggantikan slot Destro. Namun saya sangat yakin tidak ada player Engineer yang memiliki keterampilan tingkat tinggi seperti itu, kecuali setelah Revamp Engineer yang membuat ini semakin mudah.

3. Untuk party full FD, tidak perlu membawa berserk remover karena akan fast kill dari x2.7 langsung bubble. Setelah bubble selesai dilanjutkan fast skill Mino KoS mode 1 bar.

4. Lakukan burst damage setelah Stomp, sebelum Stomp party menjauh dari Mino.

5. Mendekati ganti bar, seluruh member harap menempati posisi masing­masing.

6. Beyond Time / Spirit Boost / Buff apapun itu lakukan setelah skill confuse run.

7. Mekanik bubble akan auto destroy summon, kecuali summon Engineer / GM yang belum menembakkan serangan satupun tidak akan hancur. Seperti yang saya katakan, kalau membawa Engineer di BDN pastikan Engineer tersebut sangat expert di bidangnya. Kalau hanya modal cute dan sembarang summon, tinggalkan saja daripada party wipe out.

8. Skill Aggro sangat berguna untuk memancing Mino ke tengah map ketika mendekati mekanik Bubble ataupun x2,7 hingga mati. Untuk menghindari Charge Swing. Sangat recommended membawa Destro, apabila memakai Engineer untuk lure Aggro maka pastikan Engineer tersebut Expert masalah hal ini ( lagi­lagi ).

9. Coba membuat pola lingkaran kecil ketika Mino cast Rain. Hal ini efektif ketika bar x2 dan last bar dimana map menyempit.







#Stage 3 : Black Ring Punisher Meluka



MEKANIK STAGE Bar x5 ­ x3 ( Map 1 ) 

1. Bar 5 sampai masuk berganti bar x4 ke x3 Punisher akan berstatus Invis alias tidak bisa di hit oleh serangan apapun. Hanya ada 2 serangan yang bisa hit Punisher ketika status Invis, yaitu serangan Cannon di stage dan Special Heraldry Laser Black Hole ABN ( Damage kecil sekali namun bisa hit ).

2. Akan ada cannon ( meriam ) di lapangan, terletak di posisi jam 9 map. Lalu akan muncul Wisp di arah jam 1­ 2 / 4­5 / 7­8 / 10­11 map. Setelah Wisp spawn, akan muncul peringatan hitung mundur 10 detik. Apabila 4 Wisp hancur sebelum hitung mundur selesai maka Cannon akan menembakkan laser . Laser tersebut tembus Invis Punisher dan akan memberi damage 33% HP punisher. Apabila ada satu atau lebih Wisp masih hidup setelah hitung mundur, maka seluruh member party akan ­80% HP plus buff anti heal 40 detik ( tanpa bisa di cure ).

3. Setelah Cannon ditembakkan / gagal bunuh Wisp, lima belas detik kemudian mekanik no 2 akan berulang lagi.

4. Ketika masuk bar x3, sebuah portal di arah jam 3 map akan terbuka. Seluruh member party langsung menuju portal dan bersiap ke tahap selanjutnya. Sepuluh detik setelah portal terbuka akan terjadi ledakan di map 1 dan akan wipe out semua member yang berada di map 1.


Bar x3~Death ( Map 2 )

1. Ketika berganti bar x3 ke x2 maka Punisher akan cast binding. Dapat lepas dengan menekan ADAD secara cepat. Ketika binding terjadi, akan ada hitung mundur 10 detik dan disertai terbukanya portal di tengah map. Ketika player melewati portal, maka player akan teleport ke stage 4 awal dimana ada cannon ( map 1 ).

2. Setelah hitung mundur selesai, Punisher akan menghilang dan spawn Punisher Shadow di map 1 dan map 2. Shadow memiliki skill dan damage yang sama dengan Punisher asli. Ketika salah satu Shadow mati, maka akan muncul hitung mundur 5 detik, itu adalah waktu bagi anda untuk kill Shadow yang tersisa. Ketika sukses, portal di map 1 akan terbuka dan teleportkan player ke map 2 kembali. Ketika proses ini gagal alias ada Shadow masih hidup, maka seluruh member party akan wipe out atau KO. Sepuluh detik setelah Shadow spawn, ada atau tidak ada salah satu shadow yang mati tetap terjadi hitung mundur 5 detik.

3. Ketika x2 ke last bar, mekanik no 1 akan berulang kembali.


STRATEGI PARTY
 Sebelum Masuk Stage / pre Battle :

1. Bagi member party untuk jaga spot Wisp. Yang bisa solo Wisp ada 2 class pasti, yaitu Raven dan Adept. Sisa Wisp, bisa dijaga 2 orang atau lebih. Misal Bowmaster / Acrobat dibantu LF meditasi, SM dibantu Ice Stacking / Dancer, dll.

2. Bagi member party menjadi 2 team untuk mekanik map 2, yaitu Shadow. Usahakan pembagian party 1 dan party 2 berimbang. Misal party 1 yang nanti akan masuk portal menuju map 1, terdiri dari Adept / SM / Acro / Saint . Party 2 yang akan tetap stay di map 2 terdiri dari Raven / Destro / LF / Elestra. Komposisi party tadi hanya permisalan, anda bisa mix­kan sesuai line up yang ada.

3. Agar tidak terjadi over DPS ketika membunuh Shadow, sepakati hal berikut. Misalnya Party 1 hit Shadow sampai 20% HP lalu stop, ketika 20% HP Shadow map 1 maka Party 2 mulai hit dan kill Shadow Map 2. Ketika Party 1 melihat shadow di party 2 sudah hampir mati maka Party 1 mulai kill Shadow map 1. Tunjuk satu orang di tiap party sebagai pemimpin sementara.

4. Agar tidak bingung dengan map, kita buat simple saja. Ignore minimap anda, jadikan cannon jam 6. Kalau cannon jam 6, maka portal ke map 2 arah jam 12. Dan spot Wisp pasti di 1­2 / 4­5 / 7­8 / 10­11.


BATTLE

1. Ketika masuk map 1, check Aggro dahulu. Punisher mengejar siapa harus jelas. Ketika yang dikejar adalah class dengan solo Wisp, perintahkan member party yang selesai kill Wisp di spot lain untuk membantu spot si solo Wisp tersebut.

2. Ketika 4 Wisp sudah mati namun Punisher menjauh dari garis tembak meriam, pancing ke arah garis tembak. Apabila terdesak, gunakan Special Heraldry Skill Laser Black Hole untuk memancing Punisher ke arah anda. Membawa 3­4 member dengan heraldry tersebut cukup efisien untuk memancing Punisher. Koordinasikan dengan baik timingnya, 1x tembakan Laser Black Hole untuk sekali lure.

3. Bar x2 Punisher bisa cast tornado, anda bisa perintahkan member party lakukan burst hit setelah tornado di cast. Artinya selama tornado belum di cast, party melakukan serangan jarak jauh dan selalu waspada.

4. Setiap Punisher clear buff, utamakan party untuk berkumpul sejenak dan perintahkan Priest untuk prioritaskan rebuff Protection Shell.

5. Banjiri map dengan relic / summon ketika masuk bar terakhir, untuk block tracing explosion Punisher.


 
#Stage 4: Chiliarch Titanion




MEKANIK STAGE

1. Dalam rentang waktu 20 detik ­ 40 detik setelah spawn, Golem akan melakukan knockback ke seluruh member party. Setelah itu, akan mensummon bola hitam di depannya. Bola hitam tersebut akan diam di posisi selama 4 detik lalu bergerak terbang menuju kepala Golem. Apabila bola menyentuh tubuh Golem, maka seluruh member akan terkena tanda buff. Apabila ada player menyentuh bola tersebut, maka bola tersebut akan memberi ledakan tanpa damage ke player tersebut dan memberi buff tanda. Setelah itu, bola akan hilang. Mekanik berulang tiap 60 detik.

2. Player yang telah memiliki buff dari bola hitam, dan menyentuh bola hitam/ bola hitam meluncur mulus ke Golem sesudahnya maka mengakibatkan player tewas.

3. Tiap berganti bar HP, Golem akan membekukan semua player dan mengumpulkan mereka di salah satu sudut. Player akan beku selama 7 detik, dan dapat melepaskan diri dengan menekan ADAD. Enam detik setelah beku, Golem akan menembakkan ice beam dari ujung tempat para player dikumpulkan, dan bergerak secara perlahan ke sudut satunya. Terkena beam akan menyebabkan KO. Akan ada barikade es menghadang, anda cukup hancurkan barikadenya dan menuju sisi satunya untuk berlindung.

4. Ketika berganti ke bar x2, Golem akan cast Berserk ( damage up sekitar 300% ). Berserk bisa diremove Mecha Siren / Devitalizing Howl.

5. Mekanik nomor 3 akan berulang ketika anda berada di last bar dan melewati 60 detik setelah Mekanik no.3 untuk masuk last bar terjadi.


STRATEGI PARTY

1. Tunjuk satu persatu urutan siapa saja yang menyentuh bola. Leader cukup memberitahu nomor urutan bola ketika mekanik terjadi.

2. Maksimalkan burst damage terutama ketika telah mencapai salah satu sudut aman ketika mekanik barikade es.

3. Ketika orang ke­8 atau orang terakhir telah menyentuh bola hitam, maka itu adalah 60 detik terakhir anda untuk membunuh Golem atau Wipe Out.


#Stage 5 : Black Dragon Feder



1. Black Dragon Feder Phase 1 (BAR x20 - x16.5)

MEKANIK STAGE

1. Ketika awal spawn, Feder akan summon beberapa Elder Dragon Follower. Bisa anda sebut juga Paladin seperti di ABN. Skill-skillnya tidak terlalu mengganggu. 2. Memasuki x20.25, Feder summon Dragon Follower Rogue. Bisa anda sebut juga Assassin di ABN. Skillnya cukup "annoying" yaitu invicible seperti skill Fade Assassin. Dari segi skillnya, tidak ada yang perlu diwaspadai. 3.Memasuki x19.25, Feder summon Red Dragon Follower Mage. Anda bisa sebut juga Ice Mage ABN. Skillnya yang cukup "annoying " yaitu Freezing Field Ex dan Drain Mana. 4. Memasuki x18.25, Feder summon Monard Dragon Follower Punisher. Anda bisa sebut pula Punisher. Skillnya yang mengganggu adalah Whirlwind Ex dan Jumping Strike. Whirlwind Ex milik Punisher memiliki AoE yang luas dengan damage yang tinggi ( sekitar 300K per hit ). Sekali terkena, kemungkinan anda terjebak sampaiKO sangat tinggi. 5. Ketika no. 2 / 3 / 4 hendak terjadi maka Feder akan berpindah lokasi ke tempat lain di map. 6. Masuk x16.5 Feder akan terbang ke udara. Ketika terbang ada 1 atau lebih pasukan Feder yang tersisa dari no.1/2/3/4 maka akan mengakibatkan ledakan dan wipe out party. Setelah itu Feder akan turun dan masuk Phase 2.7. Semua summon Feder bisa terkena skill disable.


SKILLS
1. Pecks. Feder menggunakan "paruh" di mulutnya dan menghantam AoE tepat di depannya.

2. Claw's strike. Feder menggunakan cakar di tangan kanan / kirinya untuk melakukan tebasan menyamping. Maksimal AoE separuh badan si Feder. Ketika Feder menggunakan tangan kiri, maka member yang di tangan kanan akan aman.

3. Dragon Breath. Feder akan cast energi di mulutnya, dan di lantai akan ada tanda hitam menyala pertanda area Dragon Breath. Damage 1 hit KO terhadap member party ataupun summon si Feder. AoE Dragon Breath membentuk sebuah jalan lurus yang panjang sampai ujung map. Namun, Feder kadang dapat pula cast mini Dragon Breath. Feder hanya membentuk jalur tanda separuh map.

4. Black Tornado. Feder cast Tornado di depannya, memberikan efek suction atau menghisap player di sekitarnya. Player yang tidak terkena efek suction  dari Feder akan menjadi target Meteor. Meteor mirip milik Desert Dragon Jakard. Akan ada tanda di tanah, dan memberikan debuff anti heal 40 detik. Damage sekitar 400K per hit.


STRATEGI PARTY
  1. Bagi 2 team, team pertama adalah team disable dan team kedua adalah team DPS. 

  1. Team disable, dapat diisi class yang memiliki skill slow / knockdown / beku / Time Stop / dll. Misalnya Stomp Merce / Wax dan Bubble Bubble Academic / Time Stop, Gravity Ascen, Gravity Trap Force User / Beku Sorcer dan Elemental Lord / Umbra Raven / Ice Tower Engineer / Heraldry Special Laser Black Hole / dll. 

  1. Team DPS, diisi class yang tidak ditugaskan di no.2. Perlu diingat, bahwa team no.2 jangan diisi terlalu banyak orang. Cukup 3-4 orang. Sisanya bisa anda masukkan di team DPS, meskipun dia memiliki skill disable. Ini untuk memudahkan koordinasi. 

1. Lure / pancing aggro monster ke arah tengah map sembari menunggu Dragon Breath Feder. Disable monster tersebut. Ketika ada tanda Feder akan Dragon Breath, segera pindah ke pinggir map dan monster akan mati terkena Dragon Breath.

2. Apabila ada di team DPS yang menjadi Aggro salah satu atau lebih monster yang disummon, maka player tersebut harus lure ke arah tengah map atau ke team Disable.

3. Skill Aggro sangat efisien disini. Misalnya Taunting Howl / Punishing Swing Ex / Alpedo Stomp / Provoke/ dll.

4. Perintahkan team DPS untuk stay di salah satu sisi naga agar memudahkan heal dan rebuff.

5. Tidak ada yang hit naga sampai monster mati, setelah itu baru hit. Setelah mencapai x20.25 / x19.25 / x18.25 perintahkan party untuk stop hit dan biarkan Feder berpindah tempat. Hal ini dimaksudkan agar monster bersih tiap wave, dan tidak ada penumpukan monster



2. Black Dragon Feder Phase 2 (BAR x16.5 - x10)

SKILL

Disini saya tidak akan menuliskan skill yang sudah tertera di artikel Phase I, seperti Peck / Claw Swipe / Dragon Breath. Disini ada skill yaitu Tail Swipe yang tidak saya tulis. Karena mekanisme sama persis seperti Tebasan Ekor milik Dragon Jakard DDN ( efek anti heal pula ) 

1.Black Tornado : Feder cast tornado di depan kepala dan menyedot semua member ke depan. Menembakkan 5 meteor secara beruntun ke seluruh member party. Sekitar tangan - perut Feder, efek suction sudah tidak terasa. Damage per meteor 300K per hit dan debuff anti heal 40 detik.

2. Side Breath : Damage sekitar 500K dan debuff anti heal 40 detik. Efek clear all buff.

3. Nightmare and Defeat : Feder terbang dan memberi pengumuman tentang Nightmare, membuka tangannya dan memberi status confusing run seperti stage 3 Umbala. Apabila menabrak dinding, anda terkena damage 300K dan langsung knockdown. Pada Phase II tidak begitu berbahaya, namun di Phase IV skill ini diakhiri dengan Flying Stomp ( Sangat berbahaya ). Trik simple, ketika ADAD anda terlalu lambat, tekan spasi dengan intensitas tinggi ketika menabrak dinding agar menghindari knockdown. Ketika status confusing run aktif, semua buff milik party akan hilang alias clear buff.

4. Circle Bomb : Feder akan terbang dan memberi pengumuman tentang Chaos. Seketika seluruh member party tersedot ke tengah map dan diberi status confuse 10 detik. Detik ke 3 tersummon lingkaran kecil dari tengah map, memberi efek knockback ke arah luar lingkaran dengan damage 300K. Lingkaran yang lebih besar akan terus tersummon sampai lingkaran terakhir hampir menyentuh ujung map. Setelah itu, Feder akan menandai tiap player dengan lingkaran hitam serta mengirimkan bom dari udara ke tanda hitam ke seluruh player di map. Lingkaran kuning menyala di tanah merupakan bom terakhir, dan ditutup stomp oleh Feder. Salah satu strategi skill ini yaitu berlari ke arah jam 3 map, lalu menghindari bom secara serempak. Bom yang sudah menyentuh tanah akan meninggalkan tanda, hanya akan hilang setelah Feder melakukan Stomp. Apabila ada player menyentuh tanda tersebut, akan otomatis mati. Tidak ada patokan paten dimana party harus berkumpul, bisa jam 3 / 6 / dll. Party berkumpul hanya untuk memudahkan rebuff. Ada player mengatakan berkumpul di jam 3 karena setelah Circle Bomb selesai posisi kita kurang lebih di samping naga. Kenyataan lapangan, cukup sering setelah selesai Circle Bomb posisi berada di kaki / ekor meski berangkat dari jam 3 map. Solusinya? Suruh Engineer / Alchemist anda Wax setelah menghindari stomp terakhir Circle Bomb!

5. Space Distorted : Kita sederhanakan saja, Distorsi Ruang. Saya tidak menemukan video yang pas untuk menggambarkan skill ini, jadi saya menggunakan video phase IV. Feder akan terbang lalu ada pengumuman Space Distorted. Akan ada lingkaran kecil di tengah map dan debu-debu berterbangan. Seketika ruang akan terhisap ke arah debu berterbangan. Jika debu ke arah pinggir map, maka akan terhisap ke pinggir map, begitu sebaliknya. Menyentuh pinggir map / menyentuh lingkaran kecil ketika efek suctionaktif akan memberi damage 600K per hit. Begitu pula ketika anda menabraknya ketika aktif. Triknya simple, anda perhatikan arah debunya. Siap-siap gerakan melawan arahnya. Wax atau SB sangat efisien disini. Itupun kalau Engineernya pintar. Phase II setelah distorsi selesai tanpa diikuti Stomp. Sedang Phase IV setelah distorsi selesai, diikuti Stomp.

6. Fly and Charge : Feder ketika terbang ada 2 kemungkinan skill, yaitu Charging dan Stomp. Ketika Phase II, Feder maksimal melakukan 2x skill ketika terbang. Antara Charging lalu Stomp, bisa pula Charging dan kedua Charging. Bisa pula Feder hanya melakukan 1 skill saja lalu turun. Intinya, sebelum Feder turun dari terbang maka anda harus waspada. Charging akan menarget 1 player. Damage sekitar 700K.

7. Fly and Stomp : Timing lompat bisa melihat ekor Feder. Ketika ekor naik dan menghilang, maka itulah saatnya anda lompat. Damage sekitar 900K - 1 juta.



~STRATEGY PARTY

1. Bagi 8 orang menjadi 2 team. Satu berada di tangan kiri naga, satu berada di tangan kanan naga. Tujuannya untuk menghindari mass kill akibat Tornado dan Black Eye ( Phase IV ) nanti. Cara membaginya cukup mudah. Para damager seperti Gearmaster / Raven / Adept / Artil taruh di satu team dan diberi 1 healer ( saya sarankan Light Fury ). Team support berada di sisi satunya, seperti Destroyer / Elestra / dll.

2. Ketika circle bomb akan di cast, sepakati kumpul di arah jam 3 map. Lalu bagi 2 dengan arah gerakan berbeda. Misalnya member di kolom party kiri bergerak tidak searah jarum jam, sedang party member di kolom kanan bergerak searah jarum jam.

3. Perintahkan Academic / Bringer / Acrobat untuk aktifkan boost movement speed ketika Distorsi.

4. Re-buff ketika member berkumpul di arah jam 3 map untuk Circle Bomb. Rebuff paling baik ketika mendapat boost Wax ketika tersedot di tengah. Karena memberi waktu luang yang banyak akibat sampai di jam 3 lebih awal.

5. Banyak berdoa, Nyahahahaha~



3. Black Dragon Feder Phase 3 (BAR 10x - 8/7x)

THE ARMY~

BISHOP

Bishop akan spawn lebih dahulu di tengah map. Lima detik setelah spawn, Bishop akan memiliki status invis dan aura invisnya akan membuat monster disekitar menjadi invis pula. Skill­skill milik Bishop mirip dengan skill boss akhir dungeon Riverwharf Ruins ( RR ). Bishop akan mengincar player yang didekatnya atau hit Bishop terlebih dahulu. Per skill Bishop akan mereset Aggro dan mengincar player di dekatnya secara random. Bishop akan meledak 10 detik setelah Punisher tewas. Ledakan Bishop 1 hit KO seluruh map dan tidak bisa di dodge menggunakan skill apapun.


PUNISHER
 Punisher akan spawn di tengah map, lima detik setelah Bishop spawn. Skill­skill milik Punisher mirip dengan Punisher di ArchBishop Nest, kecuali Stomp. Damage dari Punisher sangat tinggi. Punisher memiliki type Aggro sama dengan Bishop. Ketika Punisher mati, sepuluh detik kemudian Bishop akan meledakkan diri. Punisher memiliki HP yang sangat tinggi.


ICE MAGE
 Ice Mage akan spawn sekitar 5 detik setelah Punisher spawn dengan lokasi spawn yang random. Memiliki HP yang tergolong medium. Skill Ice Mage ada 3, pertama yaitu Blizzard. Blizzard Ice Mage memiliki AoE lingkaran dengan jari­jari sekitar 10 meter. Membekukan target dengan durasi 10 detik dan damage sekitar 200K per hit. Skill kedua yaitu triple glacial spike, menembakkan 3 bola es ke arah player. Ketika bola es menabrak player atau lantai, akan memiliki efek splash dan membekukan target 10 detik dengan damage sekitar 500K. Lalu skill terakhir yaitu mana drain. Ice Mage akan mengeluarkan cahaya biru ke arah player, ketika player menabrak cahaya tersebut maka MP player akan hilang 45%. Disini memiliki Light Fury yang hidup adalah suatu kebutuhan yang sangat serius. Ice Mage akan terus spawn, dan map memiliki maksimal Ice Mage sekitar 5­6 dalam satu map. Tanda spawn Ice Mage adalah aura lingkaran putih di lantai.


ASSASSIN BOMBER
 Assassin akan spawn sekitar 5 detik setelah Punisher spawn dengan lokasi yang random. Memiliki jumlah maksimal sekitar 6­8 dalam satu map. Skill Assassin cukup mengganggu. Assassin memiliki skill Fade mirip Chaser yang membuatnya tak terlihat. Lalu skill yang bisa menandai player dengan tanda Bom di kepala, dan dalam beberapa detik akan meledak dan berefek knockdown. Ada pula skill Assassin yang menaruh ranjau di tanah, player yang menginjaknya akan mendapat damage sekitar 300K dan efek knockdown. Sebenarnya damagenya tidak terlalu serius, namun apabila anda mendapat tugas menghandle Punisher dan anda knockdown, maka itu bisa menuntun anda menuju kematian. Membunuh Assassin sangat sia­sia, karena ketika mati maka Assassin baru akan spawn seketika di random map.


RED PRIEST
 Priest akan spawn sekitar 5 ­ 8 detik setelah Punisher Spawn dengan lokasi random. Jumlah maksimal priest di map sekitar 4 Priest. Skill serang priest hanya electric field yaitu Priest akan cast light energi di lantai lalu akan ada 8 energi listrik menjalar ke 8 arah berbeda dengan AoE lingkaran sekitar 8 meter. Menyebabkan efek electrocuted selama 10 detik. Priest memiliki HP yang sangat empuk bahkan satu hit KO. Ketika Priest mati maka akan menyebabkan seluruh member kehilangan 50% dari maksimal HP. Ketika HP member ada yang di bawah 50% dan Priest mati, dipastikan member tersebut akan tewas seketika. Priest memiliki kemampuan untuk teleport ke tempat random, ditandai dengan aura hitam menyala.


PALADIN
 Paladin akan spawn sekitar 25 ­ 30 detik setelah Punisher Spawn. Lokasi spawn berada antara tengah dan jam 9 map. Skill Paladin mirip dengan Paladin di ArchBishop Nest, namun tanpa skill Avatar. Ketika paladin tewas, maka akan memberikan aura anti ledakan Bishop yang bertahan selama 10 detik. Ketika aura hilang, dan Punisher masih hidup, maka Paladin akan spawn lagi 10 detik kemudian.



~STRATEGi PARTY

Perlu anda ketahui, bahwa yang saya tulis disini adalah strategi dari party milik saya. Anda bisa menggunakan strategi party yang lain apabila strategi milik saya dianggap kurang efisien. Mekanik akan berlangsung selama 3x, konsistensi dari player akan diuji disini.


1. Tugaskan satu orang untuk lure Bishop, tarik ke arah jam 12 map. Perintahnya sederhana, hold Bishop di jam 12 sampai Punisher mati. Ketika Punisher mati, segera lari ke arah Paladin dan bantu party untuk kill. Class yang cocok untuk peran ini adalah class dengan mobilitas tinggi seperti Warrior / Acrobat. Apabila tidak membawa / kedua class ada yang mati, maka anda bisa tugaskan Engineer / Alchemist anda untuk melakukan hal ini.

2. Tugaskan 2 ­3 orang untuk lure punisher ke arah jam 6 dan hit sampai HP Punisher 20%. Ketika HP Punisher sudah 20% dan Paladin berada di tempat yang tidak jauh, perintahkan untuk kill punisher dan setelah itu pindah untuk kill Paladin.

3. Tugaskan 1 orang untuk patroli daerah jam 1 ­ 5 map untuk bunuh Ice Mage. Lalu tugaskan 1 orang lagi untuk patroli daerah jam 7 ­ 11 untuk bunuh Ice Mage. Dilarang untuk bunuh Priest dalam kondisi apapun

4. Sisa member yang tidak mendapat tugas, lure Paladin ke tempat tidak jauh dari Punisher dan kurangi HPnya hingga 50%. Setelah itu Hold dan tunggu perintah leader.

5. Singkatnya HP Punisher 20% > Kill Punisher > Member lure Bishop lari ke arah Paladin > All member kill Paladin > Berlindung di aura sampai Bishop meledak > Ulangi sampai 3x.



4. Black Dragon Feder's Final Phase

SKILLS

Feder akan cast semua skill yang ada di  Phase II. Namun beberapa skill akan diakhiri dengan Flying Stomp. Skill-skill tersebut yaitu :

1. Space Distorted
2. Fly
3. Nightmare and Death ( Phase 4 bonus debuff anti heal 40 detik )

Selain skill-skill di Phase II yang diulangi, ada satu skill yang akan stop di cast ketika masuk x6.25 yaitu Circle Bomb. Selebihnya, skill Phase II masih diulangi ( ditambah flying stomp ) dan ada 3 skill baru Feder ketika masuk bar tertentu sampai mati. Let's check this out!


Masuk x7 hingga mati, Feder memiliki skill baru yaitu Black Eye. Akan ada tanda mata hitam mirip Eye di Dragon Jakard / Kujata atau Karahan / Serpentra. Tangan kanan naga akan melakukan animasi seperti sedang menghantam lantai dari atas, lalu tangan kanan akan diam sejenak dengan posisi tangan kanan menancap di lantai. Ketika itu, satu player akan terkena Eye dan ada aura dengan radius sekitar 3 meter, damage sekitar 500K per detik bagi player non-eye yang berada di radius tersebut. Lalu Feder memposisikan dirinya seperti knockdown, saat itulah tanda Eye akan hilang dari player. Ketika Eye hilang dari player, lantai tempat Eye terakhir kali akan membesar perlahan hingga radius sekitar 15 meter. Damage AoE nya sekitar 500K per detik dan bertahan hingga sekitar 10 detik. Player yang tanpa tanda Eye ataupun ex-player yang menerima Eye akan terkena damage apabila berada di AoE Eye. Efek AoE menyebabkan stagger.



#Wujud Rotating Dragon Breath Black Dragon


Ketika memasuki x6.25 hingga mati, Feder akan cast Rotating Dragon Breath ( RDB ). Seperti yang anda ketahui, ini adalah skill khas tiap Naga kecuali Green Dragon Kujata / Karahan. Skill ini adalah skill prioritas bagi Feder, artinya ketika cooldown selesai maka pasti akan di cast langsung. Cooldown RDB sejak mekanisme di cast hingga cast selanjutnya adalah 2 menit alias 120 detik. Namun durasi proses RDB hingga selesai memakan waktu sekitar 42-45 detik. Jadi sebenarnya RDB akan berulang tiap 75 detik sekali setelah kita turun dari pillar. Ada 4 tangga yang tersedia ketika RDB hendak di cast, yaitu jam 1 / 5 / 7 / 11.  Naga akan cast RDB dari arah jam 1 memutar map searah jarum jam hingga jam 1 lagi, lalu terus hingga jam 6 - 7 map dan stop. Melihat mekanisme tersebut, maka logis apabila tangga paling aman adalah jam 11. Karena apabila kita naik lewat tangga lainnya maka yang terjadi adalah kita dikejar oleh RDB, namun dari jam 11 kitalah yang mengejar RDB. Pillar akan jatuh sendirinya 4 detik setelah orang pertama menginjaknya. Jarak dan ketinggian antar pillar berbeda-beda sehingga anda harus benar-benar mengatur timing lompat. Hampir semua video memakai player yang tab weapon, namun kali ini saya akan anti-mainstream dan menggunakan non-tabweapon untuk lompat. Jatuh ke lantai atau terkena RDB akan langsung tewas seketika, tidak bisa di dodge skill apapun. Start dimulai ketika Naga menyemburkan RDB nya, dan dimulai oleh leader anda dahulu.

Masuk x6.25 hingga mati, Feder memiliki skill baru yaitu Mega Gravity Ascencion. Feder akan summon 4 Gravity Ascencion, sama persis dengan skill Manticore di Manticore Nest. Lihat pola lantai, dan hindari berada di AoE nya. Ini adalah timing terbaik anda untuk hit Feder!



STRATEGI PARTY

1. Bagi menjadi 2 team, satu team DPS di kanan naga dan satu team DPS di kiri naga.
2. Player yang kena Eye harus berlari ke ekor Feder, stay hingga tanda eye hilang dan muncul aura bola kuning. Setelah itu kembali lagi ke depan.

3. RDB dimulai, naik melalui tangga jam 11 map. Party leader yang menginjak pillar dahulu, baru diikuti member lainnya. Member yang asal serobot pillar bisa menyebabkan kekacauan, anda bisa tegur dan berikan kekerasan verbal bila perlu. Karena nyawa dan soliditas member party dipertaruhkan disini, seperti title artikel, RDB di BDN adalah Game of Death!.

4. Kecepatan lompatan pillar di RDB mengikuti leader party. Member party tidak boleh menyalip leader, minimal sama. Hal ini akan menyebabkan member yang tertinggal di belakang akan memacu kecepatan lompatnya agar lebih cepat sehingga konsentrasi akan buyar. Seperti yang saya tulis, ini adalah Game of Death!
5. Prioritas heal Priest dan Light Fury adalah para main damager seperti Raven / Gearmaster / Adept / Artillery / dll. Apabila prioritas heal anda tidak ada, spam heal ke class SM / Merce / Acrobat / dll akan zonk apabila main damager anda tewas karena heal cooldown. Perhatikan pula debuff anti healnya. Priest apabila melihat buff striking atau protection shell habis di class main damager, worth untuk berusaha pergi ke tempat mereka dan rebuff. Inti dari phase akhir ini, terutama x5 ke bawah adalah memiliki main damager dan minimal satu healer hidup. Apabila main damager anda cukup berskill, maka clear BDN tinggal tunggu waktu saja meskipun lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar